Selasa, 12 Juni 2007

LENSA INTRA OKULAR, lensa canggih untuk pasien KATARAK


Apakah katarak itu ?
Katarak adalah timbulnya kekeruhan pada lensa mata yang semula jernih. Adanya kekeruhan tersebut menyebabkan gangguan terhadap jalannya sinar kedalam mata sehingga timbul beberapa keluhan. Keluhan yang paling ringan adalah seperti ada lalat atau bintik hitam yang beterbangan didepan mata, selanjutnya akan menjadi seperti awan atau asap dan akhirnya akan menjadi tidak dapat melihat sama sekali. Keluhan keluhan tersebut diatas berhubungan dengan bertambahnya kekeruhan pada lensa mata.


Mata katarak :


Bagaimanakah cara mengatasi katarak ?
Sayang sekali sampai saat ini belum ditemukan obat atau cara lain yang aman dan meyakinkan untuk mengatasi katarak, satu-satunya cara adalah operasi.
Namun demikian operasi hanya akan dilakukan bila memang penglihatan sudah terganggu atau mempengaruhi aktifitas sehari-hari. Dahulu, penderita katarak hanya akan dilakukan operasi bila penglihatan sudah sangat gelap, sekarang dengan alat-alat yang canggih tidak perlu menunggu lama untuk operasi



Lalu apakah yang terjadi apabila katarak tersebut tidak dioperasi ? Tentunya penglihatan akan semakin bertambah gelap bahkan apabila katarak tersebut pecah, maka akan timbul komplikasi-komplikasi yang cukup berat antara lain mata akan menjadi merah, nyeri dan bahkan dapat menjadi buta total. Dalam keadaan seperti ini maka pada umumnya operasi tidak akan mendapatkan hasil yang baik karena sudah terlambat dan banyak jaringan bola mata yang telah menjadi rusak.



Dahulu, penderita setelah operasi katarak harus memakai kacamata sangat tebal agar dapat melihat kembali. Kacamata model ini mempunyai beberapa kelemahan antara lain : berat, semua benda yang terlihat akan sedikit membesar dan penglihatan kesamping kurang jelas.
Dengan bertambahnya kemajuan teknologi dibidang kesehatan, saat ini operasi katarak telah dilakukan dibawah mikroskop bahkan disertai dengan penanaman lensa buatan yang kita sebut sebagai Lensa Intra Okular / Lensa Tanam .


Lensa Intra Okular/Lensa Tanam.
Adalah lensa buatan yang terbuat dari semacam plastik ( polimetilmetakrilat ) yang stabil, transparan dan ditoleransi oleh tubuh dengan baik.
Lensa ini sangat kecil , lunak dengan diameter antara 5 – 7 mm , dan tebal antara 1 - 2 mm sehingga dapat menggantikan posisi lensa mata manusia yang telah keruh/ katarak. Karena dapat ditoleransi tubuh dengan baik maka lensa tanam ini dipasang untuk seumur hidup.
Karena lensa tanam ini menggantikan posisi lensa yang telah katarak maka tidak akan terjadi pembesaran benda yang dilihat , pandangan samping tetap jelas, tidak perlu buka pasang dan penglihatan terasa lebih nyaman.



Lensa tanam :





Siapakah yang dapat memakai lensa tanam ?
Pada prinsipnya , pada semua penderita katarak dapat dipasang lensa tanam ini, mulai dari anak-anak , orang muda sampai orangtua. Namun selalu dihindari pemasangan lensa tanam ini pada pada orang-orang tertentu , misalnya : sering mengalami peradangan pada mata , penderita kencing manis yang tidak dapat terkontrol dan penderita dengan tekanan bola mata yang tinggi. Oleh karena itu sebelum dilakukan operasi diperlukan pemeriksaan mata dan laboratorium yang lebih teliti.


Pemasangan Lensa Tanam :





Hasil operasi :



Hidajat Nerviadi Iksan, Bogor Medical Center dan

RS Karya Bhakti Bogor















Tidak ada komentar: