Senin, 11 Juni 2007

MATA MINUS tidak membuat penampilan menjadi Minus


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat orang berkacamata, akibat gangguan penglihatan, salah satu diantaranya adalah rabun jauh.





Rabun jauh atau istilah medisnya Miopia, adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak dapat melihat jauh dengan jelas, untuk mendapatkan penglihatan yang lebih jelas pada umumnya mereka memicingkan matanya dan mengerutkan dahinya.
Lama kelamaan akan timbul kelelahan otot mata yang ditandai dengan rasa berat didaerah mata atau pusing kepala.
Keadaan ini dapat diatasi dengan pemberian kacamata dengan lensa minus, oleh karena itu orang awam menyebutnya Mata Minus.
Sebuah penelitian di Singapura menyatakan bahwa mengapa sekarang ini banyak anak2 tingkat sekolah dasar disana yang memakai kacamata ?
Ternyata salah satu penyebabnya adalah
kemajuan teknologi !
Sering membaca atau bermain dengan obyek pada jarak yang dekat, misalnya bermain video game atau play station, membaca buku komik dengan huruf dan gambar yang kecil sehingga mau tidak mau harus didekatkan supaya mendapatkan gambaran yang jelas. Sekarang dengan adanya handphone yang dapat untuk bermain game dan untuk menonton film, juga akan ada pengaruhnya terhadap penglihatan anak-anak.

Banyak orangtua yang khawatir anaknya berkacamata, sekalipun pemeriksaan sudah memastikan untuk memakai kacamata, mereka masih menolak dengan alasan masih terlalu kecil.

Apakah yang akan timbul bila anak terlambat memakai kacamata ?
Akan timbul yang kita sebut sebagai ambliopia atau mata malas, akibat terlambat dalam pemberian kacamata maka anak akan terlambat juga dalam menerima rangsangan yang tepat di retina .

Pada anak-anak, tidak ada jalan lagi selain harus memakai kacamata pada mata minus.
Pada orang dewasa, ada beberapa koreksi terhadap mata minus ini selain kacamata antara lain dengan memakai lensa kontak, operasi pada lensa atau
LASIK.
Pada pemakaian lensa kontak harus selalu berhati-hati menjaga kebersihan tangan karena kalau tidak, akan sama saja dengan menempelkan kotoran ke mata. Oleh karena itu pemakaian lensa kontak dianjurkan pada orang-orang dengan motivasi yang tinggi dalam menjaga kebersihan dan penglihatan.

Pada keadaan-keadaan tertentu dengan minus yang sangat tebal, pada umumnya dilakukan operasi pengambilan lensa mata yang masih jernih dengan atau tanpa penanaman lensa buatan.

Tindakan yang menjadi trend saat ini adalah LASIK, yaitu menipiskan kornea mata dengan sinar laser sehingga tidak diperlukan kacamata minus lagi.
Keberhasilan tindakan ini sangat tinggi sepanjang kornea yang akan ditipiskan memenuhi syarat dalam pemeriksaan oleh spesialis mata.
Pada kornea yang memang sudah terlalu tipis atau cembung tidak akan dapat dilakukan tindakan LASIK.

Seorang penulis jaman Yunani kuno menyatakan bahwa :

" mata yang paling indah adalah mata minus. "

Jadi, walaupun dengan mata minus, jangan sampai penampilan menjadi minus atau kurang pe de, karena mata anda ternyata adalah yang terindah !.


Hidajat Nerviadi Iksan, Bogor Medical Center

















































Tidak ada komentar: