Selasa, 15 Juli 2008

IRIDOSIKLITIS, dari gigi naik ke mata

Beberapa pasien mengatakan bahwa setelah giginya dicabut, matanya menjadi rabun. Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah, karena ada penyakit mata yang berhubungan dengan kelainan pada gigi, yaitu Iridosiklitis.



Iridosiklitis adalah suatu peradangan pada iris/selaput pelangi mata yang terdiri dari banyak pigmen atau zat warna sehingga apabila terjadi peradangan maka pigmen-pigmen tersebut akan beterbangan bercampur dengan sel-sel radang dan menimbukan bintik-bintik hitam yang dirasakan oleh pasien.
Penyebab.
Penyebab penyakit ini adalah proses imunologi dimana mata sangat sensitif terhadap kuman yang ada di organ sekitar mata terutama gigi. Gigi yang berlubang atau hanya tinggal sisa akar merupakan tempat yang nyaman bagi berlindungnya berbagai macam kuman-kuman.



Gejala.
Penyakit ini awalnya ditandai dengan mata merah namun tanpa kotoran, disertai nyeri dan penglihatan agak terganggu karena ada bintik-bintik hitam yang beterbangan.
Pada orang awam, penyakit ini biasanya dianggap penyakit mata biasa dan diobati dengan obat-obat yang djual bebas.
Pada stadium berikutnya bintik hitam akan semakin banyak dan mata akan semakin rabun, barulah pasien akan datang berobat ke spesialis mata.

Pemeriksaan.
Pada pemeriksaan akan tampak pupil atau orang-orangan mata yang tidak lagi berbentuk bulat, bentuknya akan menjadi tidak beraturan karena terjadi perlekatan iris dengan jaringan dibawahnya atau lensa.


Pada umumnya juga ditemukan adanya lapisan tipis di depan pupil yang akan menghalangi penglihatan atau endapan nanah di bola mata bagian depan.
Pada stadium lanjut, peradangan iris di bagian depan bola mata dapat menjalar ke bagian belakang yaitu badan kaca yang akan memperberat penyakitnya dan dapat menimbulkan kebutaan.

Pengobatan.
Penyakit ini dengan pengobatan yang cepat dan tepat akan sembuh sempurna, namun sayangnya penyakit ini pada umumnya akan kambuh kembali terutama apabila sumber kumannya yaitu gigi tidak ditangani dengan baik.
Kekambuhan yang sering akan menyebabkan mata menjadi cacat menetap disertai penglihatan yang rabun bahkan sampai timbul kebutaan.

Pencegahan.
Jangan abaikan penyakit mata merah dan memeriksakan gigi bila berlubang atau hanya tinggal sisa akar baik terasa sakit atau tidak. Dokter gigi akan memutuskan apa yang terbaik bagi gigi tersebut, apakah hanya perlu ditambal, dirawat atau dicabut.


Hidajat Nerviadi Iksan, Bogor Medical Center dan RS Karya Bhakti Bogor.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

jadi infeksinya yg menjalar to dok, bukan gara2 cabutnya... nah ini yg pasien suka takut dicabut gigi atas takut matanya jd sakit padahal klo ga di cabut malah ndak bisa sembuh ya...

Anonim mengatakan...

Saat ϊηϊ saya sedang mengalami penyakit ϊηϊ,dalam penanganan dokter mata sudah 2 minggu, dan gigi juga dalam perawatan. Kira2 berapa lama penglihatan saya normal kembali ya?